Writing Contest #PatriotIsMe
#PatriotIsMe #Advan #damniloveindonesia.





                Nonton film Barat atau mungkin drama-drama Asia memang akan jauh lebih menarik bagi kita, daripada nonton film lokal hasil karya anak bangsa sendiri. Makanan western dan budaya luar..? Hmmm...tentunya mereka lebih terkesan up to date ya daripada makanan tradisional kita yang kurang eye catching untuk sebuah postingan foto di instagram, budaya asing pun lebih menonjol ketimbang budaya kita yang agak ketinggalan jaman. Mungkin itulah pandangan beberapa generasi muda kita yang terlalu menomorduakan Indonesia.
                Tapi, pernahkah suatu pikiran terbersit di pikiran kalian, hai wahai generasi muda?? Apa Negara kita akan begini seterusnya? Kita seolah disetir bangsa lain, kita dijajah secara halus oleh karena tingkah dan perilaku kita sendiri. Budaya-budaya bangsa kita yang kini mulai tergeser budaya Barat karena kesalahan generasi mudanya. Kita yang selama ini selalu saja menjadi bangsa yang konsumtif, impor di sana-sini. Apa sebagai generasi muda kita hanya akan diam mengikuti arus yang sedang terjadi begitu saja? Dan akhirnya kita hanya menjadi bangsa yang dihimpit kekreatifan bangsa lain sehingga kita kurang berdaya cipta dan belum mampu bersaing. Padahal sebenarnya kita BISA, INDONESIA BISA!! Realitanya, kita adalah Negara yang kaya akan Sumber Daya Alam bahkan jauh lebih kaya dibanding negara-negara maju lainnya. Pernah dengar kan penggalan lagu, “Orang bilang tanah kita tanah surga, Tongkat kayu dan batu jadi tanaman”, nah itu dia penggalan lagu yang mengisahkan betapa kaya Negeri kita Indonesia. Lalu apa masalahnya? Sumber Daya Manusia yang kurang berkualitas kah? Saya rasa tidak, buktinya banyak anak muda kita yang sebenarnya mampu tetapi malah memberikan “otak brilian” mereka untuk negara lain. Itu berarti kita sebenarnya bisa, hanya saja apa kita mau membangun Indonesia kita ini atau malah hanya mementingkan materi semata?
                Patriotisme sebenarnya dimulai dari dalam diri kita sendiri. Dengan mencintai dan punya rasa memiliki terhadap Indonesia tercinta kita ini. Boleh kita melirik ke budaya Barat tapi kita juga harus bersikap arif dan bijaksana, tidak meninggalkan jati diri budaya bangsa kita. Modernisasi memang dibutuhkan tapi bukan berarti kita jadi generasi muda yang bersikap westernisasi. Cintai dan hargai produk-produk buatan dalam negeri, bukan hanya mencela dan mencemoohnya padahal kita sendiri belum tentu bisa sehebat mereka yang dapat menciptakan suatu produk. Banyak kan teman-teman muda kita yang sudah mulai merintis bisnis, meramaikan dunia industri kreatif misalnya di bidang kuliner, fashion, film, dan masih banyak lagi. Dukung mereka dengan mengapresiasi karya mereka, setidaknya kita konsumsi produk dalam negeri sendiri. Dengan begitu virus baik ini akan menginspirasi banyak bahkan semua generasi yang ada di Indonesia. Jadi nggak ada tuh predikat konsumtif buat negara Indonesia tapi yang ada Generasi Muda Indonesia yang produktif. Gimana..? Adem banget kan kedengerannya?
Semoga tulisanku ini juga bisa menginspirasi generasi-generasi muda di luar sana yang belum terinspirasi semangat patriotisme yaahh!...Semangat, Generasi Indonesia BISA!!! (akt).
 #PatriotIsMe #Advan #damniloveindonesia.



Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer