Malaysia Trip : 3D2N kemana aja?

     Hai..hai... kali ini aku mau sedikit share pengalaman aku melancong ke Negeri Jiran kemarin bulan lalu. Aku pergi ke Malaysia di bulan Agustus lalu selama 3 hari 2 malam. Malaysia ini cocok banget untuk kalian yang ingin pergi ke Luar Negeri tapi belum punya pengalaman sama sekali pergi ke Luar Negeri alias traveller pemula dan minim budget. Kenapa Malaysia ini cocok banget buat traveller pemula? Karena aku sendiri pun gak pernah pergi ke Luar Negeri sebelumnya, ini adalah perjalanan perdana ku ke negeri orang. Bahasa Melayu yang dipakai di negara ini juga akan memudahkan kalian untuk berkomunikasi jika semisal kalian kurang fasih berbahasa Inggris.
     Langkah awal yang harus kalian persiapkan untuk mencicipi jalan-jalan ke luar negeri adalah paspor, visa (untuk negara-negara tertentu yang membutuhkan visa) dan tiket pesawat juga hotel. Untuk ke Malaysia kemarin, aku dapat tiket pesawat yang harganya miring banget. Harga tiket Surabaya - Kuala Lumpur PP dengan maskapai Citilink hanya 650 ribu saja? Gilaa..murah banget kan? Citilink juga memberikan fasilitas free 10kg bagasi dan free meals di pesawat. Aaaaa...terima kasih Citilink..sering-sering ya :p

      


     Untuk penginapan selama di Kuala Lumpur aku menginap di daerah KL Sentral. Kalau kalian mau ke Kuala Lumpur bisa menginap di daerah KL Sentral atau Bukit Bintang, karena letaknya strategis dekat dengan pusat kota. Oh ya, untuk hotel di Kuala Lumpur ini ada satu peraturan yang agak berbeda dengan di Indonesia. Di sana diberlakukan pajak hotel sebesar 10RM jika kalian menginap di hotel per kamar per malam, jadi jangan lupa siapkan uangnya ya.
     Hari pertama tiba di Kuala Lumpur, Malaysia aku mengunjugi KL Tower. Menara komunikasi di Malaysia yang menurut Wikipedia dibangun pada 1995 dan masuk ke jajaran nomor 6 menara tertinggi di dunia dengan ketinggian 421 m. Kalau kalian mau masuk ke KL Tower ini bisa beli tiket masuk-nya melalui Traveloka atau Klook, gampang banget dan harganya bisa lebih murah dibanding kalau beli langsung on the spot lho.
     Biasanya dijual 2 macam tiket : 1.) Observation deck 2.) Observation Deck, Sky Deck, Sky Box
Waktu itu aku beli yang lengkap. Di observation deck, kalian bisa menikmati pemandangan kota Kuala Lumpur dengan teropong. Sky Deck dan Sky Box merupakan spot foto yang instagramable buat ciwik-ciwik.
Sky Deck
Sky Box malam hari
     Berhubung waktu itu penerbanganku siang jadi sampai di Kuala Lumpur agak sore jadi ga bisa dapat foto waktu masih terang di Sky Box. Oh ya FYI, kalau mau foto di sky box ini antri-nya bukan main. Waktu itu aku nunggu kira-kira 60 lbh antrian, sementara foto-nya cuma 2 menit an. Mungkin saran buat kalian yang mau kesana, datang kira-kira jam 3 atau 4 sore jadi biar kebagian foto di skybox pas masih terang. (info : Kuala Lumpur mulai gelap sekitar jam 19:20 waktu Malaysia).

     Hari kedua, aku pergi ke Batu Caves dan Genting Highland. Oh ya, karena aku pergi dengan waktu yang sangat singkat dan membawa orang tua yang tenaga-nya gak sekuat anak muda jadi selama disini aku ga pakai transportasi umum sama sekali. Untuk keliling Batu Caves, Genting Highland, sempat ke Dataran Merdeka dan Petronas aku sewa mobil. Mungkin untuk kalian yang pergi kira-kira 4 orang dan gak mau ribet bisa sewa mobil kaya aku juga. Sewa mobil 12 jam untuk rute yang aku jelasin tadi merogoh kocek sekitar 300RM. Driver-nya recommended banget, bisa berbahasa Melayu yang sangat mudah ku mengerti..hehe dan ramah banget.

Batu Caves
     Kalau kalian pergi ke Malaysia, wajib banget mengunjungi Batu Caves ini. Selain tempatnya indah, bagus untuk poto-poto tempat ini gratis untuk biaya masuknya..hehehe aku suka gratisan anaknya :p
Wajib juga main-main ke Genting Highland, nyobain naik cable car, mengunjungi Chin Swee Temple dan belanja-belanji di Sky Avenue.
Di Genting Highland juga ada wisata petik buah stroberi gitu, cuma karena keterbatasan waktu aku gak kesana.
     Untuk cobain sensasi naik cable car, kamu harus pergi ke Awana Skyway. Beli tiket-nya dulu, tempatnya kalau ga salah di lantai atas (lantai2/3 aku agak lupa). Kemarin sih aku beli tiket-nya di mesin self ticketing gitu. Gampang banget tinggal ikutin aja perintah-perintahnya, dia berbahasa Melayu tapi tenang..mudah dimengerti kok. Oya kalau beli tiketnya langsung PP aja. Harga tiket one way 8RM per orang, jadi PP 16RM.


Cable Car ini akan mengantarkan kalian ke Mall Sky Avenue, tapi sebelum sampai di Sky Avenue kalian bisa berhenti dulu di Chin Swee Temple. Ini kaya fasilitas free stop gitu. Jadi kalau berhenti di stasiun Chin Swee ini untuk melanjutkan lagi ke Sky Avenue ga perlu bayar lagi. 

 
              Chin Swee Temple



     Setelah puas foto-foto  berkeliling di Chin Swee Temple, kembali ke stasiun dan lanjutkan perjalanan ke mall Sky Avenue.

Di Sky Avenue ini ada tempat yang menjual barang branded yang katanya harganya lumayan miring. Tapi aku ga sempet kesana sih karena waktunya mepet dan gapunya duit.  Disini juga ada tempat main casino juga, cuma ga sempat kesana. Wajib nonton Sky Symphony, semacam permainan musik yang dibarengi lampu-lampu yang bergerak-gerak. Sangat cantik deh pokoknya.
Terus buat kalian yang pengen nyari popcorn Eureka yang terkenal di Malaysia itu bisa beli di Sky Avenue ini. Pun juga popcorn garret Singapore, bisa kalian dapatkan di Sky Avenue ini.
     Pulang dari Genting Highland ini, aku menyempatkan diri untuk pergi ke Petronas Twin Tower. Karena kalau ke Malaysia belum mendatangi Petronas Twin Tower ini kayaknya kurang lengkap ya..hahaha. Walaupun gak masuk ke Petronas ini, aku sempat berfoto di depan menaranya biar pergi ke Malaysia lebih afdol.
tourist spot

     Setelah dari Petronas jalan lagi ke Dataran Merdeka, tempat bersejarah di Kuala Lumpur. Di dekat Dataran Merdeka ini ada tempat semacam museum gitu yang di depannya ada tulisan I Love KL. Cuma sayang sekali waktu itu tidak sempat masuk juga karena si mamah minta berbelanja di Central Market. Wajib banget sih belanja oleh-oleh disini karena harganya murah meriah. Puas berbelanja menghabiskan ringgit di Central Market balik ke hotel karena barang bawaan udah berat banget.
     Malam harinya, pergi ke kawasan Bukit Bintang yaitu mall yang paling ikonik Pavilion Mall.
Disini rame parah dan macet banget, entah pejalan kaki maupun kendaraan ngumpul jadi satu di kawasan ini. Ada salah satu tempat penyebrangan yang kalau kalian nyebrang itu serasa lagi ada di Shibuya Crossing. Keren dan wajib kesini deh.
     Dan yang gak boleh dilewatkan adalah makan makanan food street di jalan Alor. Makanan disini murah-murah dan enak. Tapi kudu pinter - pinter buat cari juga ya. Harga makanan dan jajanan yang aku cobain kemarin cuma sekitaran 10-20RM aja lho.

10RM isi 8 biji
                                                                               

      Hari terakhir di Malaysia, aku cuma ngemall di daerah KL Sentral yaitu NU Sentral Mall karena dekat banget dari hotel, cuma tinggal ngesot..hahaha.
Setelah itu siap-siap ke Bandara untuk pulaaanngg. Oya, fyi jarak dari pusat kota ke bandara ini cukup jauh, ditempuh sekitar 1 jam dengan menggunakan mobil/bus. Jadi, usahakan jangan terlalu mepet biar gak ketinggalan pesawat.
Oke, cukup sekian sharing pengalaman jalan-jalan di luar negeri dari aku. Semoga kapan-kapan bisa jalan-jalan lagi ke negara lain supaya bisa sharing lagi sama kalian semua.
Bandara KLIA 1

bonus city view
*kalau mau liat videonya bisa liat disini ya




 


Komentar

Postingan Populer