ANDAI HIDUP PUNYA CTRL+Z

Haaaiiii, akhirnya bisa posting lagi setelah Tugas Akhir saya akhirnya di ACC (nari-nari sambil ketawa pamer..hahaha). Postingan pagi ini muncul dari pemikiran saya yang kebanyakan mantengin komputer entah buat ngerjain Tugas Akhir atau kerja. Jadi ceritanya, tadi pagi saya seperti biasa sarapan sebelum memulai aktifitas. Entah kenapa tadi pagi saya kurang berselera untuk makan sehingga membuat saya menikmati makanan sambil mikir ngalor ngidul. Akhirnya muncul pikiran, “Untung ya ada undo atau Ctrl+Z, coba kalo enggak pas kemarin ngedit TA eh ternyata lebih prefer yang awal pasti agak ribet. Apalagi pas kemarin nyoba ngutik-ngutik Laporan di kantor karena ada yang selisih, bayangin aja tanpa Ctrl+Z semua bisa runyam... Terima Kasih penemu Ctrl+Z..hahahahaha
                Seketika saya merasa bersyukur sekali sudah hidup di jaman komputer. Nggak kebayang kalau hari ini saya hidup di jaman mesin ketik dan harus mengerjakan Tugas Akhir saya. Mungkin Tugas Akhir saya bisa nggak selesai-selesai karena nggak ada tuh yang namanya Ctrl+Z, Delete, bahkan Ctrl+C dan Ctrl+V yang jadi favorit-nya Mahasiswa hahahaha. Pemikiran saya tidak berhenti sampai disitu, saya lalu mulai me-ngalorngidulkan otak saya. Saya jadi mikir, “Andai ya hidup ini punya juga yang namanya Ctrl+Z”. Bayangkan kalau Ctrl+Z itu benar-benar ada di kehidupan, mungkin rasa penyesalan seseorang akan berkurang kadarnya. Tapi asyik nggak sih kalau ada sistem undo dalam hidup kita? Kalau memang ada pasti kita bisa minta undo kejadian-kejadian yang akhirnya di kemudian hari bikin kita susah. Kita bisa undo masa lalu sama mantan (beruntungnya saya nggak punya mantan #ngeness..hahaha).
                Sial sekali pemikiran itu kebawa di dunia nyata saya pagi ini. Jadi tadi pagi setelah makan saya berangkat ke kantor di antar mama seperti biasa. Pagi ini saya lewat jalan tembusan karena saya berangkat agak kesiangan, sialnya akses jalan ternyata ditutup dan saya malah harus lewat jalan lain muter-muter nggak karuan. Di sepanjang jalan saya menggerutu, “coba tadi lewat jalan biasa nggak lewat jalan tembusan ini mungkin nggak kesiangan banget sampai di kantor, kalau muter gini alamat bisa telat nih”. Untungnya sih saya nggak telat beneran, hanya nyaris telat. Big thanks to lift kantor yang tadi pagi menjemput saya dengan cepat..hahahaha. Lalu timbul pemikiran Andai hidup punya Ctrl+Z tadi, “naahh ini dia, mestinya kalau ada Ctrl+Z aku undo aja biar ga lewat jalan ini”. Pemikiran undo itu kemudian merentet jauh andai undo ke tadi pagi pas bangun tidur nggak males-malesan bangun, andai undo tadi malem tidur lebih awal nggak begadang.
                Andai Ctrl+Z benar-benar ada dalam hidup kita mungkin cukup membantu tapi juga menjadi petaka. Sangat terbantu karena semua masalah bisa diselesaikan semudah Ctrl+Z. Mungkin positif juga karena kita bisa memperbaiki diri di momen tertentu dengan adanya Ctrl+Z. Tapi jeleknya kita mungkin jadi kurang menghargai rasa menyesal karena kalau ada sesuatu yang disesali kita bisa dengan mudah merubahnya dengan undo. Sebenarnya tipis memang perbedaannya andaikata Ctrl+Z tidak ada, sesuatu yang kita sesali toh juga bisa kita ubah. Perbedaannya kalau merubah dengan undo kemungkinan kita untuk mengulang kesalahan yang sama sangat besar tapi tanpa undo kemungkinannya jadi lebih kecil karena sudah ada dampak yang ditimbulkan dari kesalahan yang kita lakukan sebelum akhirnya kita merubah dan memperbaikinya. Itu sebabnya saya bilang kita jadi kurang menghargai yang namanya penyesalan. Mungkin kita bisa jadi mati rasa terhadap penyesalan.

                Well, sekian dulu saya ber-intermezo dengan menuliskan pemikiran kecil saya ini karena kerjaan setumpuk menanti. 

Komentar

Postingan Populer